Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 03 Maret 2012

Rumah Murah Sehat

Rumah murah sehat?? ah mana bisa membangun rumah murah sehat pada jaman sekarang!!.. Mungkin saja ada benarnya pendapat seorang rekan kerja. Membangun rumah untuk sebagian masyarakat adalah identik dengan biaya mahal, sehingga rumah murah sehat adalah sebuah impian belaka. Ah masak sih itu impian, saya pikir rumah murah sehat bukan impian jika kita berusaha mencermati celah-celah efisiensi untuk membangun rumah murah sehat.



Saya adalah seorang yang tinggal di sekitar Mojokerto Jawa timur, setiap hari berkutat di bidang jasa desain rumah dan juga terjun di bidang kontraktor rumah perorangan dan rumah milik perumahan/developer, juga memiliki kesan yang sama tentang ide membuat rumah murah sehat. Mimpi kali yee... Kalo rumah murah sehat itu gampang dibuat pasti setiap masyarakat ekonomi lemah bisa punya rumah sendiri dan tidak mengontrak karena tidak mampu membeli rumah...kalo membangun 1 unit rumah milik perorangan mulai dari nol alias menggali pondasi, yang kebetulan saya bangun sih biayanya berkisar mulai 150 juta-300 juta dan pernah juga sampai 750 juta tergantung ukuran, tingkat kesulitan model dan spesifikasi material...Ya kalo itu sih mungkin memang rumah sehat tapi bukan rumah murah namanya....

Untuk saat ini di daerah saya biaya membuat rumah yang ideal adalah sekitar 1,75-2 juta per meter. Dan untuk membuat rumah sederhana, paling tidak masih butuh biaya 1,25 juta permeter. Jika dikalikan dengan luas tipe rumah minimalis, dalam artian bukan model minimalis tapi luas hunian minimal untuk satu keluarga dengan 1 anak paling tidak harus tipe 30 (rumah dengan 2 kamar tidur ukuran kecil-kecil), maka membutuhkan dana rumah 37,5 juta rupiah.

Itu masih belum termasuk biaya pembelian tanahnya, paling tidak perlu tanah 60 meter persegi dengan ukuran 6 kali 10 meter. Semisal harga tanah 300rb permeter maka harus ada tambahan dana 18 juta. Maka total biaya konstruksi rumah dan biaya pembelian tanah adalah 55,5 juta rupiah. Itu belum termasuk dana tambahan untuk PPN, PPH, BPHTB dan lain-lain seperti perabot, kitchen set, taman, ...(aduh kalo rumah murah sehat masak masih harus bikin kitchen set dan taman...)

Tak heran jika harga rumah yang ditawarkan developer saat ini yang termurah masih berkisar diatas 60 juta untuk tipe 21/60, yang menurut saya ideal sebagai rumah untuk pengantin baru karena hanya punya 1 kamar tidur, kalo punya anak harus nambah kamar sendiri..hehehe. Sedangkan rumah tipe 36/90 dengan 2 kamar tidur yang termurah paling tidak masih 85 juta. Biasanya harga itu masih belum termasuk sesuatu yang dinamakan PENAMBAHAN MUTU alias biar rumahnya tambah bagus yang biayanya berkisar 5-10 juta rupiah. Lha terus kapan bisa jadi rumah murah sehat?...

Ya udah dulu ngetiknya, ini masih buat corat-coret gambar rumah murah sehat....sampai ke tulisan berikutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar di bawah ini :